Monday, October 19, 2020

Virtual Keyboard Aksara Jawa dengan PyGObject (Python3 + GTK3)

Aksara Jawa merupakan aksara Nusantara yang umum dipakai di pulau Jawa pada abad 15 hingga awal abad 20. Aksara Jawa sebenarnya diturunkan dari aksara Brahmi India dan aksara Kawi dengan beberapa penyesuaian.

Aksara yang biasa disebut hanacaraka ini sudah resmi terdaftar di Unicode sejak tahun 2009 yang menempati kode blok U+A980 hingga U+A9DF. Bahkan dalam font family Noto Sans buatan Google sudah ada font Noto Sans Javanese yang mendukung penulisan aksara tersebut. Sayangnya, pengaturan keyboard dengan metode input untuk aksara Jawa belum tersedia di settingan desktop yang saya pakai. Jika ingin menulis beberapa karakter aksara Jawa, saya biasanya memakai teknik ribet dengan mengambil karakter tersebut dari character map dengan cara double-click tiap karakter.

Berawal dari ketidaknyamanan tersebut, saya mencoba membuat sendiri alat bantu semacam virtual keyboard dengan bahasa pemrograman python dan GTK3 untuk tampilan GUI nya. PyGObject sendiri adalah library yang menghubungkan python3 dengan GTK3. Sebenarnya program ini belum layak disebut virtual keyboard karena output tulisannya hanya ditampilkan di text entry program secara internal, jadi tidak bisa dipakai untuk mengetik langsung di text editor, melainkan harus pakai cara copy-paste.

Program ini langsung bisa dijalankan di GNU/Linux dengan lingkungan desktop Gnome 3 dan Xfce 4.14 karena GTK3 dan python3 sudah pre-installed di dalamnya. Simpan script di folder /home lalu panggil script lewat Terminal dengan perintah: python3 nama_script.py . Untuk pengguna Windows 10 dan MacOS silakan baca dokumentasi pyGObject di https://pygobject.readthedocs.io/en/latest/getting_started.html . Di situ sudah dijelaskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk bisa menjalankan script python dengan pyGObject.

Program ini masih jauh dari sempurna. Bagian transliterasinya masih kacau jika kebetulan ada karakter yang dimasukkan pada urutan yang tidak semestinya. Setidaknya dengan virtual keyboard ini saya cukup menyentuh atau klik sekali saja untuk menuliskan tiap karakter.

Bagi yang tertarik ingin mencoba dan menyempurnakan program ini, python script-nya bisa diunduh dari sini. Harap dimaklumi jika logika codingnya masih bertele-tele dan menyalahi konvensi penulisan, karena basic saya memang bukan programmer.



PS: Font yang saya pakai namanya Tuladha Jejeg, bisa diunduh di https://sites.google.com/site/jawaunicode/download .

No comments:

Post a Comment

Virtual Keyboard Aksara Jawa dengan PyGObject (Python3 + GTK3)

Aksara Jawa merupakan aksara Nusantara yang umum dipakai di pulau Jawa pada abad 15 hingga awal abad 20. Aksara Jawa sebenarnya dit...