Sunday, May 19, 2013

Belajar Kosakata Baru dari Linux



Berawal dari keterbatasan spesifikasi Netbook pertama saya yang hanya dibekali prosesor singlecore 900 Mhz, RAM 1 Gb, dan SSD 8 Gb, akhirnya saya kenal dan bisa bersentuhan langsung dengan yang namanya Linux. Setelah bosan dengan tampilan OS bawaannya, Linux Xandros, saya mulai mencari-cari OS pengganti yang lebih enteng dan bisa diutak-atik. Dengan spesifikasi seperti yang saya sebut tadi, Windows 7 jelas tidak mungkin bisa diinstall, sementara Windows XP juga berjalan klemak-klemek. Akhirnya saya coba menginstall Ubuntu 9.04 (Jaunty) dan langsung jatuh hati. Ubuntu adalah nama salah satu distro Linux yang dikelola oleh Canonical yang berbasis di Eropa. Sejak itu saya tetap setia memakai Linux sampai sekarang meski sering gonta-ganti distro juga.

Percaya atau tidak, ternyata memakai Linux itu secara tidak langsung akan meningkatkan kosakata Bahasa Inggris. Di samping terbiasa mengetik perintah di terminal (kalu di Windows namanya Command Prompt) yang semuanya memakai Bahasa Inggris (head, tail, who, echo, date, cp, mv, rm, halt, dan lain-lain), saya juga rajin ikut tanya-jawab di forum global di Internet jika mengalami masalah atau ada kesulitan saat menginstall driver. Selain itu, saya menjumpai istilah-istilah khusus yang tidak pernah dijumpai di Windows OS. Berikut ini ada beberapa kata yang saya pikir terdengar unik dan tentu saja anda perlu tahu artinya.

Fedora

Fedora adalah nama salah satu distro (distributor) Linux asal Amerika Serikat yang didukung oleh Redhat. Secara literal, fedora berarti topi yang biasa dipakai para detektif atau mafia Italia di film-film. Bentuknya seperti topi yang dipakai detektif di logo Redhat.

Daemon

Daemon adalah sebutan untuk program autorun yang bekerja terus-menerus di background untuk mengatur permintaan layanan tertentu di Internet. Secara literal daemon (demon) berarti iblis.

Kernel

Kernel adalah inti (core) dari suatu sistem operasi. Linux sendiri sebenarnya adalah nama kernel. Secara literal, kernel berarti biji (biji kacang, sawo, dll).


Trash

Trash adalah sebutan untuk Recycle Bin di desktop Linux. Secara literal artinya sampah.

Halt

Halt adalah perintah untuk mematikan sistem (shutdown). Secara literal, halt berarti berhenti atau menghentikan.

Swap

Swap adalah nama salah satu partisi yang ada di Linux. Fungsinya hampir sama dengan virtual memory di Windows. Secara literal, swap berarti bertukar atau tukar-menukar.

Dependency

Dependency adalah nama paket software yang harus diinstall terlebih dahulu sebelum menginstall suatu software. Secara literal, dependency artinya ketergantungan, atau sebutan untuk suatu negara yang diatur oleh negara lain.

Audacity

Audacity adalah nama aplikasi di desktop Linux yang bisa dipakai untuk mengedit dan memanipulasi file audio seperti halnya CoolEdit Pro di Windows. Secara literal, audacity berarti keberanian.

Gnome

Gnome adalah nama salah satu desktop environment yang bisa digunakan di Linux. Selain Gnome, ada banyak desktop environment alternatif seperti KDE, Xfce, Lxde, Openbox, dan Enlightenment. Secara literal, Gnome berarti orang kerdil atau kurcaci seperti yang ada di cerita Putri Salju.

No comments:

Post a Comment

Virtual Keyboard Aksara Jawa dengan PyGObject (Python3 + GTK3)

Aksara Jawa merupakan aksara Nusantara yang umum dipakai di pulau Jawa pada abad 15 hingga awal abad 20. Aksara Jawa sebenarnya dit...